Rabu, 11 November 2015

Resep Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker Khas Arab Enak Dan Mudah

Resep Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker Khas Arab Enak Dan Mudah

Resep Nasi Kebuli - Nasi Kebuli adalah salah satu makanan yang dipengaruhi oleh kuliner daerah Timur Tengah, terutama dipengaruhi oleh kuliner Yaman dan India. Nasi Kebuli sangat populer di kalangan komunitas Arab dan mayarakat Betawi di Indonesia. Kuliner yang satu ini agak mirip-mirip dengan Nasi Biryani. Perbedaannya ada di dalam proses pembuatannya dan negara asalnya. Nasi Kebuli, nasinya dimasak langsung dengan kuah kaldu daging, susu dan minyak samin beserta bumbu-bumbunya dan umumnya tidak menggunakan bumbu kari sehingga tidak berwarna kekuningan seperti yang terjadi pada nasi biryani. Nasinya memiliki rasa gurih karena telah diberi bumbu sebelumnya. Diberi terdapat kismis dan daging kambing yang dimasak bersamaan dengan nasinya.

Nasi Kebuli lebih cocok dimasak dengan mengunakan "Beras Basmati", beras dari India yang mempunyai butir yang panjang dan tidak lengket sama sekali katika sudah jadi nasi, tidak menggumpal, tapi bercerai berai tapi tetep pulen. Jika dirasa beras ini terlalu mahal, Anda bisa menggantinya dengan beras Jasmine Thailand, tapi beras ini tidak sepanjang beras basmati. Mari kita simak Resep Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker Khas Arab Enak Dan Mudah berikut ini :

Resep Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker Khas Arab Enak Dan Mudah

Resep Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker Khas Arab Enak Dan Mudah

Anda bisa membuat nasi kebuli dengan menggunakan rice cooker, jika anda merasa menggunakan panci terlalu riskan. Satu kelebihan rice cooker adalah nasi seperti di steam/dikukus sehingga bagian dasarnya tidak gosong. Berbeda dengan menggunakan panci, nasi seakan dipanggang sehingga jika tidak berhati-hati maka bagian dasar nasi akan mengering dan terbakar.

Resep Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker Khas Arab Enak Dan Mudah


Bahan-Bahan Nasi Kebuli Kambing :

750 ml air panas
8 buah cengkeh
6 buah kapulaga
3 sdt ghee (minyak samin)
½ kg daging kambing (kaki depan), potong sesuai selera
½ kg beras basmati, rendam dengan air selama 30 menit, tiriskan
1 sdt pasta tomat
1 batang kayu manis
½ bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
Safran
Garam dan gula secukupnya

Bumbu Nasi Kebuli Kambing, haluskan:

3 siung bawang putih
3 buah cabe merah
3 sdt ketumbar bubuk
1½ sdt jinten bubuk
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
½ bawang bombay ukuran sedang
½ sdt pala bubuk

Pelengkap:

Kismis, tumis sampai kismis mengembang
Natural yoghurt

Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing :

Panaskan 2 sdt ghee. Tumis bawang bombay sampai layu, lalu tambahkan bumbu halus, cengkeh, kapulaga dan kayu manis; tumis sampai harum.
Masukkan daging kambing, masak sambil diaduk sampai air dari daging kambing habis dan keluar minyaknya.
Tambahkan air panas, masak dengan api kecil sampai daging kambing setengah empuk.
Masukkan pasta tomat dan safran. Aduk sebentar sampai pasta tomat larut, lalu masak kembali dengan api kecil sampai daging kambing empuk.
Tumis sebentar beras dengan 1 sdt ghee. Masukkan beras dalam rebusan daging kambing. Tutup panci dengan aluminium foil dan kemudian tutup dengan tutupnya. Masak dengan api kecil selama 15 menit.
Setelah 15 menit, matikan api, buka sedikit aluminium foil dan biarkan uap keluar sekitar 1 menit. Tutup kembali dan biarkan selama 5 menit. Angkat dari api dan siap untuk disantap bersama pelengkapnya.

Catatan:
Karena beras sudah direndam dahulu selama 30 menit, perhatikan waktu penambahan air matang (bila air kaldunya tinggal sedikit), jangan sampai terlalu banyak.


Naah, tidak begitu sulit kan mempraktekan Resep Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker Khas Arab Enak Dan Mudah ini. Demikianlah takaran bahan dan cara membuat Resep Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker Khas Arab Enak Dan Mudah beserta langkah-langkah cara memasaknya. Anda bisa mencoba berbagai Resep masakan lainnya di blog Resep ini. Rekomendasi saya adalah  >> Resep Rahasia Nasi Goreng Super Enak << Selamat mencoba dan berkreasi dengan Resep masakan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar