Selasa, 10 November 2015

Resep Membuat Kue Tiramisu Yang Enak Dan Mudah

Resep Membuat Kue Tiramisu Yang Enak Dan Mudah

Resep Tiramisu Cake ala Hotel - Kelezatan cake tiramisu sudah tak diragukan lagi. Kue yang berasal dari Negera Italia ini sudah sangat terkenal sekali kelezatannya dan digemari oleh banyak orang. Di negara asalnya, kue ini sangat terkenal sekali dan biasanya di makan sebagai desert setelah hidangan utama. Kue yang enak dan lezat serta memiliki tekstur lembut dan rasa manis ini tidak hanya digemari di Indonesia, tapi juga sangat terkenal di luar negeri. Kali ini saya akan mengajak Anda membuat kue Tiramisu dan memberikan solusi sederhan untuk cara membuat tiramisu yang enak dan sederhana.

Makanan berupa kue keju khas Negara Italia yang dipercantik dengan taburan bubuk kakao di atasnya merupakan hidangan penutup yang bisa dimakan dan dinikmati dengan menggunakan sendok. Jadi  tiramisu cake ini adalah hidangan penutup jika Anda selesai makan atau desert setelah hidangan utama. Dengan tekstur yang kue yang lenbut dan banyak cream serta rasa kopi yang cukup kuat, tiramisu cake memang sangat cocok sekali di santap setelah makan besar. Tiramisu cake paling pas kalau dimakan dalam kondisi dingin, jadi, sebelum menyantap desert yang satu ini, sebaiknya tiramisu dimasukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es agar cream dan rasa kopi nya lebih terasa

Di Indonesia tiramisu cake tidak hanya cocok buat desert atau cemilan setelah makan nasi, tiramisu cake juga sering digunakan untuk selingan makan sore sambil minum kopi atau teh sebelum tiba saatnya makan malam, bahkan untuk kue ulang tahun serta cocok juga buat hidangan di saat kita lagi ngobrol di cafe atau tempat nongkrong lainnya.

Resep Membuat Kue Tiramisu Yang Enak Dan Mudah

Resep Membuat Kue Tiramisu Yang Enak Dan Mudah


Jika melihat bentuknya yang bagus sekali dan harganya yang cukup mahal, terkesan tiramisu cake sangat sulit untuk dibuat, padahal kalau kita tahu dengan benar langkah-langkan cara membuatnya, sebenarnya tidak begitu susah untuk membuat tiramisu cake ini. Cara membuat tiramisu cake sangat khas, ciri khasnya yaitu terdapat pada perpaduan antara rasa kopi dan keju yang kuat sekali bisa terlihat dari teksturnya yang lembut. Pembuatan dari kue ini tidak di panggang dan tidak dipanggan seperti kue-kue lainnya. Bahan dasarnya berupa biskuit yang sebelunya di rendam kedalam larutan kopi dan keju mascarpone. Simak Resep Membuat Kue Tiramisu Yang Enak Dan Mudah di bawah ini :

Resep Membuat Kue Tiramisu Yang Enak Dan Mudah


Bahan-bahan Resep Tiramisu

250 gr Krim bubuk (100 gr untuk vla krim sisanya untuk topping)
160 gr Gula pasir (120 gr untuk cake dan sisanya untuk cream)
150 gr Tepung terigu halus
100 gr Keju cheddar parut terlebih dahulu
60 gr Margarin
40 gram Tepung maizena + air secukupnya untuk cream
6 butir Telur
2 sendok makan Emulsifier / Ovalet
1/2 liter Susu cair   
1 sendok makan Kopi bubuk kualitas bagus campur dengan air panas 200 ml + gula pasir
Coklat bubuk Secukupnya
1/2 liter Air dingin bersih (200 ml untuk vla krim dan sisanya untuk topping)

Cara Membuat Tiramisu Cake
  • Untuk membuat tiramisu cake yang perlu dilakukan untuk langkah pertamanya adalah dengan membuat cake terlebih dahulu. Untuk membuatnya siapkan satu wadah untuk menampung 6 butir telur, emulsifer kemudian gula pasir yang sudah disiapkan dan kocok menggunakan mixer hingga rata bahan-bahan tersebut dan mengembang dengan baik.
  • Selanjutnya dengan memasukkan tepung terigu terlebih yang halus tentu saja sudah diayak sebelumnya kedalam adonan yang telah dimixer di atas, aduk lagi hingga bahan tercampur dengan baik. Di lanjutkan dengan memasukkan 60 gram yang sudah dicairkan aduk lagi higga rata.
  • Tahap selanjutnya dengan memanggang roti terlebih dahulu dengan menyiapkan cetakan loyang. Agar tidak lengket silahkan olesi permukaan loyang dengan margarin dan memberikan alas pada permukaan roti agar mudah untu diangkat.
  • Oven adonan cake dengan suhu sekitar 185 derajat celcius biarkan dipanggang selama 20 menitan. Untuk memastikan cake sudah matang anda bisa menggunakan tusuk gigi atau lidi untuk memastikannya.
  • Tunggu cake hingga matang anda bisa mengerjakan hal lainnya seperti membuat vla krim untuk tiramisu cake. Siapkan wadah dengan memasukkan 100 gram krim bubuk kemudian campur dengan air dingin 200 ml. Silahkan kocok hingga bahan tersebut tercampur dengan baik dan kemudian masukkan kedalam kulkas dingin.
  • Siapkan api kecil dan siapkan panci untuk memanaskan susu cair yang dicampur dengan gula pasir dan mengaduknya hingga mendidih dan tercampur dengan baik.
  • Keju yang sudah diparut dimasukkan dan diaduk hingga benar-benar rata. Disusul dengan memasukkan tepung maizena untuk membuat vla krim agar lebih kental hingga adonan keluar gelembung-gelembung kecil.
  • Masukkan juga adonan tepung maizena dan bahan lainnya sedikit demi sedikit ke dalam krim yang sudah didinginkan, kocok perlahan hingga bahan benar-benar tercampur. Kemudian anda bisa menaburi dengan coklat bubuk untuk mempercantik tampilan cream.
  • Tahap mempercantik berikutnya dengan menghiasinya dengan cream tiramisu, silahkan siapkan cake yang sudah matang dan dingin. Potong tengah-tengah sama besar sehingga menjadi dua bagian. Ambil satu bagian kemudian siram pada bagian atasnya dengan larutan kopi instan dibuat hingga rata.
  • Lapisi dengan sempurnya dengan menuangkan perlahan-lahan vla cream dengan baik. Potongan berikutnya bisa di letakkan di atasnya beri juga kopi instan.
  • Kemudian membuat toping dengan memasukkan 150 gram bubuk dan 300 ml air yang di kocok dengan rata kemudian di semprotkan bahan toping pada lapisan atas. Tahap terakhir dengan menaburkan bubuk pada bagian atas sehingga terlihat cantik. Tiramisu cake sudah jadi dan siap untuk disajikan.


Naah, tidak begitu sulit kan mempraktekan Resep Membuat Kue Tiramisu Yang Enak Dan Mudah ini. Demikianlah takaran bahan dan cara membuat Resep Membuat Kue Tiramisu Yang Enak Dan Mudah beserta langkah-langkah cara memasaknya. Anda bisa mencoba berbagai Resep kue lainnya di blog Resep ini. Rekomendasi saya adalah >> Resep Bolu Kukus Mekar <<. Selamat mencoba dan berkreasi dengan Resep Kue lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar