Jumat, 13 November 2015

Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak

Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak

Tengkleng Kambing Khas Kota Solo - merupakan resep masakan tradisional asal kota Solo (ya iya lah, masa asal kota Medan). Bahan utama dari Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo ini tentu saja adalah daging kambing dengan tambahan tulang, jerohan serta iga kambing. Walaupun begitu, banyak orang yang menganggap tengkleng kambing sama dengan gulai kambing. Ini adalah kesalahan yang besar, karena yang membedakan antara tengkleng dan gulai adalah kuahnya. Kuah tengkleng kambing tak sekental kuah gulai kambing. Jadi jika anda ingin menikmati olahan sop daging kambing namun tak suka dengan kuah yang terlalu kental, maka tengkleng kambing adalah pilihan yang baik. Oke, sudah penasaran dengan bahan dan bumbu apa saja serta bagaimana cara mengolah Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo? Mari, langsung saja kita let’s go.

Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak

Sebenarnya tidaklah sulit untuk mempraktekan Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak ini. Pernahkah Anda membayangkannya bagaimana rasanya Tengkleng Kambing Khas Kota Solo yang lezat ini? Pasti enak sekali bukan? Apalagi kalau kita membuatnya sendiri.

Oke deehhh, nggak usah berlama-lama lagi membayangkan masakan ini, mari kita langsung saja segera mencoba untuk mempraktekan Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak ini.

Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak


Berikut Bahan Dan Bumbu Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak.

Sebenarnya banyak cara dan variasi memasak daging kambing yang dapat Anda praktekan, seperti dibuat tongseng, sate, nasi goreng kambing, sop kambing danlain sebaginya, namun dari semuanya itu, Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak inilah yang paling menantang. Baiklah, tanpa basa-basi berikut ini Resep Memasak Daging Kambing Bumbu Rica-Rica Enak dan Mudah.

Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak


Bahan-bahan Utama
  
200 gram iga kambing, potong kotak-kotak
100 gram daging kambing muda, potong kotak atau dadu
100 gram jerohan kambing, potong menurut selera
500 ml air
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang sereh, dimemarkan
1 ruas lengkuas berukuran 3 cm, dimemarkan
1 ruas jahe ukuran 3 cm, dimemarkan
Minyak secukupnya untuk tumisan


Bumbu Halus
 
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah cabai merah besar
1 sendok teh ketumbar
1 ruas kunyit ukuran 3 cm
½ sendok teh lada
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Bahan pelengkap:

Bawang merah goreng secukupnya


Cara memasak tengkleng kambing:
  • Pertama yang dilakukan adalah mencuci bersih bahan utama seperti daging, iga, tulang, dan jerohan kambing. Setelah bersih, masukkan ke dalam air mendidih dan rebus selama kurang lebih 1 jam
  • Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bumbu halus, kemudian daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, serta jahe. Aduk dan tumis hingga mengelurkan aroma yang wangi
  • Setelah semua bumbu selesai ditumis, masukkan bumbu tersebut ke dalam panci yang berisi rebusan daging kambing tadi, aduk hingga bumbu tercampur merata.
  • Selanjutnya beri garam dan gula secukupnya, cicipi dan bila rasa serta bumbu sudah pas, tutup panci dan masak tengkleng kambing hingga matang sempurna.
  • Setelah matang, sajikan tengkleng kambing ke dalam mangkuk saji. Sebagai pelengkap, taburkan bawang merah goreng diatasnya.

Naah, tidak begitu sulit kan mempraktekan Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak ini. Demikianlah takaran bumbu dan bahan Resep Memasak Tengkleng Kambing Khas Kota Solo Mudah dan Enak beserta langkah-langkah cara memasaknya. Anda bisa mencoba berbagai resep masakan kambing lainnya di blog Resep ini. Rekomendasi saya adalah >> Resep Tongseng Kambing  <<. Selamat mencoba dan berkreasi dengan resep masakan berbahan daging kambing lainnya.

Artikel Lainnya:
Resep kambing guling
Resep kambing bakar
Resep kambing oven
Resep kambing goreng
Resep kambing bakar cairo
Resep kambing rica-rica
Resep kambing masak kecap
Resep kambing oven madu
Resep kambing bumbu kecap
Cara Membuat Resep Tongseng Kambing Enak dan Cepat
Resep Kambing Kecap Enak Mudah - Resep Masakan
Resep Daging Kambing Pilihan
Resep tongseng kambing
Resep kambing goreng
Resep kambing lada hitam
Resep kambing guling
Resep sup kambing
Resep jeroan kambing
tengkleng kambing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar