Rabu, 11 November 2015

Resep Nasi Hainan Atau Hainam Rice Cooker Enak Dan Mudah

Resep Nasi Hainan Atau Hainam Rice Cooker Enak Dan Mudah

Resep Membuat Nasi Hainan - Ada kalanya kita bosan makan nasi, kurang berselera. Bisa jadi karena nasi yang kita makan disajikan begitu-begitu saja, tanpa di variasi atau modifikasikan. Salah satu bentuk sajian nasi yang bisa mengobati kebosanan Anda dalam mengkonsumsi nasi adalah "Nasi Ayam Hainan" atau ada juga yang menyebut Nasi Ayam Hainam (kayaknya Hainan deh yang bener, soalnya makanan ini merujuk nama di mana makanan ini berasal)

Nasi Hainan merupakan masakan dari daratan Tionghoa, kuliner ini yang sering dikait-kaitkan dengan kuliner Malaysia dan Singapore. Nasi Hainan juga bisa Anda temui di Thailand dan sudah barang tentu di wilayah Hainan, China. Asal muasal Nama Nasi ayam Hainan karena berasal dari tradisi seni memasak Suku Hainan. Sajian ini sering dihidangkan beserta saus dan bumbu, termasuk saus cabai dan serbuk jahe. Di Hainan juga sering dihidangkan saus ketiga yang berbumbu saus tiram bercampur dengan bawang putih, sedangkan kecap pekat lebih disukai di Singapura. Versi Singapura bagi cabai lebih pedas, mencerminkan pengaruh Asia Tenggara, dan boleh juga melibatkan campuran cabai dengan bawang putih. Kebanyakan hidangan nasi ayam ini disajikan dengan irisan timun, yaitu mencerminkan citarasa orang Cina yang gemar kekayaan sajian yang lebih lengkap. (Wikipedia)

Resep Nasi Hainan Atau Hainam Rice Cooker Enak Dan Mudah

Resep Nasi Hainan Atau Hainam Rice Cooker Enak Dan Mudah

Sebenarnya variasi masakan Nasi Hainan ini banyak jenisnya, seperti Nasi Hainan Singapore, Hainan Vegetarian, Hainan Apollo, Hainam rice cooker dan lain sebagainya, Oke deeh, bagi yang pengen cepet-cepet makan, langsung aja scroll kebawah utnuk melihat Resep Nasi Hainan Atau Hainam Rice Cooker Enak Dan Mudah ini.

Resep Nasi Hainan Atau Hainam Rice Cooker Enak Dan Mudah


Bahan-bahan Nasi Hainan dengan Rice Cooker :
200 ml air hangat (untuk merebus ayam)
1 ekor ayam kampung, potong-potong dan bersihkan
Air panas untuk menanak nasi
Margarin secukupnya untuk menumis ayam
1 lt beras
8 siung bawang putih cincang halus
3 sdm minyak
2 cm jahe diparut
1 sdm garam (sesuai selera)
1 sdt merica


Cara membuat Nasi Hainan dengan Rice Cooker :

  • Haluskan bawang putih bersama jahe yang sudah diparut, kemudian tumis dengan mentega hingga harum.
  • Masukkan potongan ayam ke dalam tumisan bumbu, aduk-aduk hingga ayam berubah warna dan tercampur rata dengan bumbu.
  • Masukkan 200 ml air, kemudian tutup dan masak selama kurang lebih 15 menit lalu angkat dan diamkan sekitar 10 menit.
  • Siapkan rice cooker lalu masukkan beras dan ayam yang sudah ditumis beserta bumbunya ke dalam rice cooker.
  • Tuangkan air panas kedalam rice cooker secukupnya sesuai dengan ukuran yang biasa dipakai saat  menanak nasi sehari-hari.
  • Tambahkan merica dan minyak wijen lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Tutup dan tekan tombol cook untuk mulai memasak, jangan lupa pastikan rice cookernya dinyalakan dulu ya . He he he.
  • Setelah matang buka tutup rice cooker, aduk nasi lalu tutup kembali untuk mendapatkan tekstur nasi yang pulen dan kesat.
  • Nasi hainan siap disajikan.

Naah, tidak begitu sulit kan mempraktekan Resep Nasi Hainan Atau Hainam Rice Cooker Enak Dan Mudah ini. Rasanya bikin ketagihan deh, apalagi kalau disajikan dengan pelengkap kayak ayam rebus atau ayam panggang. Demikianlah takaran bahan dan cara membuat Resep Nasi Hainan Atau Hainam Rice Cooker Enak Dan Mudah beserta langkah-langkah cara memasaknya. Anda bisa mencoba berbagai Resep masakan lainnya di blog Resep ini. Rekomendasi saya adalah >> Resep Nasi Kebuli Rice Cooker <<. Selamat mencoba dan berkreasi dengan Resep Olahan Nasi lainnya.

Gimana , tertarik nggak dengan Resep Nasi Hainan Atau Hainam Rice Cooker Enak Dan Mudah ini? Rasanya bikin ketagihan deh, apalagi kalau disajikan dengan pelengkap kayak ayam rebus atau ayam panggang. Hmmm susah diungkapin deh nikmatnya. Asal jangan disajikan tiap hari deh ,biar gak bosen. Setuju ? Sesekali aja biar nggak monoton. Selamat memasak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar