Kamis, 05 November 2015

Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak Dan Mudah

Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah

Resep Ikan Saus Asam Manis - Bagi masyarakat Indonesia masakan berbahan dasar ikan merupakan salah satu menu yang digemari, baik dari jenis ikan air tawar maupun dari jenis ikan laut. Siapa saja pasti akan tergoda dengan masakan kuliner berbahan dasar ikan. Kuliner ini memang sangat populer sebagai kuliner yang banyak dicari oleh para pecinta kuliner masakan asli nusantara. Salah satunya adalah ikan saus asam manis.

Kuliner ikan saus asam manis adalah makanan yang memiliki cita rasa yang sedap dan gurih, banyak orang mencari berbagai Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah untuk dibuat dirumah. Selain biaya yang dikeluarkan untuk mencoba Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah ini masih tergolong murah dan terjangkau, jenis ikan yang digunakannya pun bisa bermacam-macam dan tidak melulu harus ikan tertentu. Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah sangat gampang untuk dikombinasikan dengan Resep bahan makanan lain sehingga menghasilkan Resep ikan yang begitu lezat, lagi pula pengolahan Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah ini sangat beragam, mulai dari pengolahan tradisional hingga modern. Andapun bisa membuat sendiri Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah dirumah dengan cita rasa bintang lima namun mudah dalam cara pembuatannya.

Dikarenakan banyaknya variasi jenis ikan yang ada di Indonesia, Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah ini bisa kita kreasikan dengan berbagai jenis ikan yang ada. Kita bisa dengan mudah membuat dan mengkreasikan Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah dengan ikan gurame, ikan nila, ikan bawal, ikan kakap dan lain sebagainya. Seperti cara membuat Resep masakan ikan yang lain, sebelum ikannya dimasak, ikan harus dibersihkan dahulu bagian dalamnya sampai bersih. Trik gar bumbunya bisa meresap sampai ke dalam daging adalah daging ikan bagian luar di iris tipis tipis atau dikerat. Kita bisa menggoreng ikannya sebentar kalau suka atau kalau tidak suka tidap perlu digoreng dulu, jadi langsung dicampur dan direbus bersama bumbu asam manis pedasnya

Hari ini saya akan memposting artikel tentang Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah, saya harap postingan saya ini akan bisa membantu Anda memasak salah satu dari berbagai macam olahan ikan, yaitu Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah.

Tertarik untuk mencoba Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah ini? langsung saja pelajarin saja ya ulasan lengkapnya yang sudah kami sediakan untuk anda.

Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak Dan Mudah


Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah


Cara Membuat Saus Asam Manis - Sebenarnya banyak cara dan variasi mengolah ikan yang dapat Anda praktekan, seperti masakan pepes ikan, masakan ikan goreng, masakan ikan tongkol, masakan ikan salmon, masakan ikan pesmol, masakan masakan ikan , masakan ikan panggang, masakan sop ikan, masakan gulai ikan, masakan ikan woku, masakan ikan balado, masakan sup ikan, masakan ikan rica rica, aneka masakan ikan, masakan bakso ikan, masakan olahan ikan, masakan ikan asam manis dan lain sebaginya, namun dari semuanya itu Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah inilah yang paling enak, mudah dan singkat menurut saya. Baiklah, tanpa basa-basi berikut ini Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah.

Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak Dan Mudah


Bahan Untuk Membuat Ikan Saus Asam Manis

500 gram/1 ekor ikan gurame di fillet dan potong memanjang (bagian kepala dan bagian sisa badan ikan jangan dibuang)
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan
1 siung bawang putih
1 sendok makan perasan jeruk nipis/jeruk lemon
1 sendok teh garam/secukupnya
½ sendok teh merica bubuk

Bahan-Bahan Untuk Melapisi Daging Ikan

50 gram tepung terigu
25 gram tepung mazeina
½ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh kaldu ayam bubuk

Bahan Membuat Saus Asam Manis

5 sendok makan saus cabai
4 sendok makan saus tomat
2 buah cabai merah, iris memanjang
2 siung bawang putih, cincang kasar
1 buah wortel, potong memanjang agak tipis
1 buah timun, potong memanjang agak tipis
½ buah bawang bombay, diiris memanjang
½ sendok teh garam
¼ sendok merica bubuk
½ gula pasir
1 batang daun bawang, dipotong serong
100 gram nanas, potong memanjang
½ sendok makan tepung mazeina, larutkan dengan 1 sendok makan air
200 cc air putih

Cara Membuat Ikan Saus Asam Manis
  • Setelah ikan dicuci bersih dan di fillet, lumuri ikan dengan bawang putih halus, merica dan garam, berikan perasan air jeruk kemudian diamkan kurang lebih selama 15 menit.
  • Setelah didiamkan, gulingkan dan lumuri ikan dengan bumbu pelapis sambil ditepuk-tepuk dan diangkat dengan kedua tangan agar tepung menempel dengan sempurna pada badan ikan secara merata.
  • Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan, pastikan hingga minyak benar-benar panas dan goreng ikan hingga krispi.
  • Siapkan sausnya, tumis terlebih dahulu bawang bombay dan bawang putih dan cabai kering kemudian aduk hingga harum.
  • Tambahkan saus cabai, saus tomat , cabai, garam, merica dan gula pasir, aduk hingga merata.
  • Masukan wortel, masukan air masak hingga mendidih kemudian ikuti dengan memasukan nanas, ketimun daun bawang, masukan larutan mazeina aduk hingga kental merata.
  • Tata potongan ikan di badan ikan siram dengan saus asam manis dan hidangkan.

Naah, tidak begitu sulit kan mempraktekan Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah ini. Demikianlah takaran bumbu dan bahan Resep Memasak Ikan Saus Asam Manis Yang Enak dan Mudah beserta langkah-langkah cara memasaknya. Anda bisa mencoba berbagai Resep masakan ayam lainnya di blog Resep ini. Rekomendasi saya adalah >> Resep ikan pepes <<. Selamat mencoba dan berkreasi dengan Resep masakan berbahan daging ayam lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar