Senin, 02 November 2015

Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah

Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah

Ayam Bakar Bumbu Kecap - Step by step dan Video Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah. Karena cara memasak ayam bakar ini termasuk mudah, maka dari bahan baku ayam dan bumbu ayam bakar kecap ini kita bisa membuat variasi Resep Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah lainnya, misalnya Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap madu, Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap pedas, Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap mentega, Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap oven dan yang lain sebagainya. Ada beberapa hal yg harus kita perhatikan agar hasil ayam bakar kita tidak gosong dan tetap empuk serta bumbunya ayam bakarnya meresap sampai ke dalam. Hal yg mesti kita dperhatikan dalam membuat Resep ayam kecap ini adalah bumbu ayam bakarnya, yaitu kecap nya saja.

Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah ini kalau dicoba memang tergolong mudah tapi agak susah. Mudah bagi yang sudah tahu bumbu ayam bakar yang enak dan sulit bagi yang benar-benar belum pernah mencobanya. Jika membuat ikan bakar tidak perlu ada pengolahan awal terlebih dahulu, tinggal olesi ikan dengan bumbu pada waktu proses pembakaran, maka cara membuat ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah sedikit membutuhkan proses pengolahan pada daging ayamnya. Agar bisa didapatkan hasil yang memuaskan dan lezat dari Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah ini, kita harus merebus dahulu daging ayam nya dengan bumbu ayam bakar (diungkep sehingga ayam empuk). Bumbu dan step-step untuk membuatnya pun sedikit berbeda dengan bumbu dan step-step untuk mengungkep ayam goreng dan ayam panggang. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita lihat step-stepnya.


Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah


Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah

Cara membuat ayam bakar kecap - Sebenarnya banyak cara dan variasi ayam bakar bumbu kecap yang dapat Anda praktekan, seperti ayam bakar bumbu bali bandung ,ayam bakar taliwang ,ayam bakar bumbu rujak ,ayam bakar berempah ,ayam bakar lada hitam ,ayam bakar madu ,ayam bakar padang ,ayam bakar tulang lunak ,ayam bakar solo ,ayam bakar gantari ,ayam bakar jimbaran ,ayam bakar rica rica ,ayam bakar betutu dan lain sebaginya, namun dari semuanya itu Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah inilah yang paling enak, mudah dan singkat menurut saya. Baiklah, tanpa basa-basi berikut ini Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah.

Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah


Bumbu Resep Ayam Bakar Kecap Spesial Enak
  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah satu ekor ayam ukuran sedang besar. Bisa menggunakan ayam kampung atau ayam potong. Potong ayam menjadi 4-6 bagian atau sesuai selera.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5-6 siung. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan. Kalau bisa gunakan bawang merah lokal karena aromanya lebih harum.
  • Buah cabai merah keriting ukuran besar kurang lebih sebanyak 8 pcs. Bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera. Cuci bersih dahulu sebelum digunakan.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs. Kupas juga kulitnya sebelum digunakan.
  • Buah cabai rawit kurang lebih sebanyak 8-10 pcs atau sesuai selera.
  • Lengkuas ukuran sedang besar sepanjang kurang lebih 1 ruas jari orang dewasa.
  • Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa.
  • Ketumbar butiran kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa.
  • Daun salam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3-4 lembar saja.
  • Air asam jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Kecap manis kental kualitas bagus kurang lebih sebanyak 6 sendok makan. Gunakan merek terkenal supaya hasilnya lebih legit dan meresap sampai ke dalam daging ayamnya.
  • Air bersih untuk merebus /mengungkep ayam secukupnya (kurang lebih 300-400 ml).
  • Air jeruk nipis kurang lebih sebanyak satu sendok teh saja.
  • Garam dapur beryodium secukupnya (kurang lebih sebanyak satu sendok teh saja).
  • ula pasir putih kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap Enak Tahun Baru
  • Cuci bersih ayam yang telah dipotong lalu tiriskan sebentar dan cuci juga semua bahan yang akan Lumuri ayam yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis. Biarkan sebentar.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe keriting dan cabe rawit, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, garam dan gula pasir yang sudah dipersiapkan. Supaya lebih cepat, teman teman bisa menggunakan blender untuk proses penghalusan bumbu ayam bakar kecapnya.
  • Lumuri kembali ayam diatas degan bumbu bumbu diatas yang sudah dihaluskan. Lapisi semua bagian sampai benar benar rata.
  • Diamkan sebentar supaya bumbu meresap ke dalam dagingnya. Kurang lebih butuh waktu selama 30-40 menit.
  • Siapkan satu panci untuk mengungkep ayamnya. Masukkan ayam diatas beserta semua bumbu halusnya dan beri air bersih secukupnya.
  • Rebus atau ungkep ayam dan masukkan daun salam, air asam dan kecap manis kental yang sudah dipersiapkan. Sesekali diaduk aduk supaya semua bumbu tercampur rata dan meresap ke dalam daging ayamnya.
  • Ungkep ayam dengan api sedang  sampai daging empuk dan air rebusan menyusut (air mengental menjadi seperti kuah kental).
  • Setelah empuk, angkat daging ayamnya dan tiriskan sebentar sebelum dibakar. Sisa bumbu jangan dibuang karena akan dipakai untuk mengolesi daging saat proses pembakaran nanti.
  • Siapkan bakaran ayam dan bara api panas. Bakar ayam di atasnya sampai permukaannya kering dan tercium bau harum.
  • Jangan lupa bolak balik daging ayamnya dan sesekali di lumuri lagi dengan bumbu ungkepan supaya benar benar meresap dan hasilnya lebih enak.
Naah, tidak begitu sulit kan mempraktekan Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah ini. Demikianlah takaran bumbu dan bahan Resep Memasak Ayam Bakar Sederhana Spesial Bumbu Kecap Enak dan Mudah beserta langkah-langkah cara memasaknya. Anda bisa mencoba berbagai Resep masakan ayam lainnya di blog Resep ini. Rekomendasi saya adalah >> Resep ayam teriyaki <<. Selamat mencoba dan berkreasi dengan Resep masakan berbahan daging ayam lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar